.

 

Ads By Google

Cara Mudah Bikin Email

Bikin email untuk menciptakan jembatan penghubung antara kita dengan dunia luar. Bila kita seorang penulis, kita tak perlu repot-repot menge-print beratus-ratus halaman naskah untuk kita kirimkan ke penerbit. Kita cukup mengirimkannya lewat email. Lebih praktis dan menghemat kertas bukan. Bila kita ingin berkirim surat kepada kawan, tak perlu repot-repot menunggu beberapa hari agar surat kita sampai karena dengan email kita bisa mengirimkannya sekarang dan langsung tiba seketika itu juga.

Ternyata, ada juga yang masih bingung dengan cara bikin email. Ada yang proses bikin email-nya dibantu oleh saudara atau teman dan si pemilik hanya tinggal memakai, ada juga yang menggunakan email yang sudah ada misalnya email milik saudaranya dan saudaranya tersebut bikin email baru lagi.

Cara buat Email.jpg
Padahal, bikin email adalah sesuatu yang sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Beberapa langkah berikut ini mungkin bisa membantu, yaitu sebagai berikut.
1. Pilih email yang akan kita gunakan

Ibarat membeli rumah yang harus memilih tipenya, pun dengan email. Secara umum, kita mengenal yahoomail dan gmail. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya:
Kelebihan Bikin Email di Gmail

Kita bisa memfilter email yang masuk sehingga email-email yang kita anggap penting akan langsung masuk ke dalam kotak yang sudah kita sediakan sebelumnya.
Bila kita ingin melampirkan file pada email kita, gmail bisa dengan mudah diajak “kompromi” dan jarang “rewel”.
Saat koneksi internet lambat, gmail tidak bisa menggunakan fitur yang biasa, dan biasanya kita akan memilih fitur lama.

Kelebihan Bikin Email di Yahoomail

Lebih dikenal oleh masyarakat atau bisa dibilang lebih populer.
Tidak ada fasilitas “filter” seperti pada gmail.
Bila kita ingin melampirkan file, proses attach files cenderung lama, terlebih bila koneksi internet sedang tidak bersahabat.

Sebagai pengguna, kita bebas memilih gmail atau yahoomail yang akan kita pakai saat bikin email. Namun, akan lebih baik bila kita memiliki dua-duanya.
2. Klik www.gmail.com atau www.yahoomail.com

Pilih salah satu atau dua-duanya. Setelah masuk, klik “buat akun baru”. Tunggu beberapa saat.
3. Kenali tujuan bikin email untuk membuat username

Selanjutnya, kenalilah tujuan kita membuat email. Untuk apa? Hanya sekadar basa-basi atau memang untuk tujuan serius? Bila hanya untuk main-main, tentu kita bisa membuat username sesuka hati, misalnya: cew_cantik, wanita_sholehah, gundam_seed, naruto_xxi, dll.

Namun, bila tujuan kita bikin email adalah untuk hal-hal serius maka sebaiknya kita menggunakan nama asli atau resmi, misalnya: dewi_sari, fita_dewi, sari.dita, dll. Jadi, jangan sembarangan membuat username karena semuanya harus disesuaikan dengan tujuannya.
4. Membuat password yang aman

Bila email kita berisi data-data penting, tentu sangatlah riskan bila kita hanya memiliki password seadanya. Itu sebabnya pastikan kita membuat password email dengan aman. Password email yang aman adalah panduan antara huruf, angka, dan tanda baca.

Biasanya kita akan mendapatkan informasi apakah password yang kita buat tersebut sudah kuat atau masih lemah. Satu lagi sehubungan dengan password, jangan mencatat password di kertas atau note HP. Sebaiknya kita hafal di luar kepala karena bagaimanapun juga password adalah pintu rahasia yang seharusnya hanya pemiliknya yang tahu.
5. Isilah data-data lainnya sesuai petunjuk

Setelah mengisi beberapa data yang diminta maka email Anda sudah selesai dibuat. Anda bisa segera menggunakan email tersebut. Biasanya email pertama yang masuk ke dalam kotak surat akan datang dari penyedia layanan yang Anda gunakan untuk bikin email.
Mengefektifkan Email

Agar email yang kita buat efektif maka sebaiknya setelah bikin email, kita tak serta merta “pergi” begitu saja. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengefektifkan email, adalah sebagai berikut.
1. Sering kita buka, setidaknya sekali sehari

Dengan sering membuka email, kita akan terhindar dari hal-hal seperti lupa password atau username. Pun, kita tidak akan ketinggalan dengan berita-berita penting yang mungkin diberitahukan lewat email kita.
2. Jangan membuka email aneh

Mungkin beberapa di antara kita sering atau pernah mendapat kiriman email kosong dari teman atau seseorang baik yang kita kenal atau tidak. Lebih baik kita tidak membukanya. Atau bila memang kita sudah terlanjur membukanya maka sebaiknya kita tidak mengeklik link-nya. Link yang disertakan dalam email kosong tersebut adalah virus yang bisa membahayakan email kita.
3. Sering periksa spam

Sering-seringlah memeriksa spam karena bisa jadi email penting “terdampar” di sana. Bila memang ada email penting yang ada di spam, setting-lah agar untuk selanjutnya email tersebut bisa masuk ke inbox. Caranya sangat mudah, cukup mengeklik tombol “not spam” yang ada di atas.
4. Mengganti password email sesekali

Sekalipun email kita sudah cukup aman, namun tidak ada salahnya bila kita mengganti password email kita sesekali. Tiga bulan sekali atau mungkin enam bulan sekali adalah waktu yang bisa dikatakan tepat untuk mengganti password email.

Bagi yang sudah memiliki email atau bahkan yang belum, pernahkan kita bertanya tentang manfaat bikin email. Toh, kita bisa saja “jalan-jalan” di dunia virtual tanpa harus punya email. Tak ada kewajiban bahwa kita harus memiliki email. Tak ada sanksi bila kita tidak bikin email. Intinya, semuanya diserahkan kepada kita.

Namun disini admin zona terbaru menyarankan, memang akan lebih baik bila kita bikin email karena ternyata email memiliki manfaat


 

0 comments:

Poskan Komentar

 
 
Cara Mudah Bikin Email - Zona Terbaru

Zona Terbaru
Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com