Antara Fotofunia dan Photofunia zona terbaru. Sebagian besar masyarakat Indonesia sepertinya masyarakat visual. Mereka lebih mudah menangkap hal-hal yang berbentuk suara dibanding tulisan atau benda yang berwujud. Sebelum photofunia berubah jadi fotofunia, masyarakat Indonesia sudah lebih dulu banyak mengubah kosakata bahasa asing menjadi bahasa Indonesia.

Bukti paling banyak dapat dilihat dari banyaknya kosakata bahasa Belanda yang terintegrasi menjadi bahasa Indonesia. Banyak sekali kosakata bahasa Belanda yang bermula dari salah dengar hingga kemudian diadopsi oleh Indonesia sebagai bahasa baku. Seperti Spoor yang artinya kereta, oleh masyarakat Jawa pengucapannya berubah jadi sepur.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-01

Perubahan bunyi hingga berpengaruh pada perubahan tulisan sepertinya berlaku juga photofunia dan fotofunia. Entahlah, ini hanya analisa dasar. Dan ini juga merupakan contoh dalam pemakaian bahasa. Dua kata yang memiliki makna yang sama dengan penyebutan yang sama tersebut akan mengalami perubahan.

Perubahan yang dimaksudkan adalah siapa yang bertahan lebih lama dan siapa yang akan tergerus oleh waktu. Siapa dalam hal ini adalah pemakaian kata photo dan foto. Bahasa merupakan suatu ilmu yang terus berkembang dan tidak pernah berhenti selama kebudayaan manusia itu selalu berkembang.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-02

Oleh karena itu, kedua kata tersebut sekarang sedang bertarung dalam ajang gengsi pemakaian oleh para pemakai bahasa. Bisa saja kata photo akan tergantikan oleh foto jika kata photo tidak mampu bertahan di dalam budaya bahasa suatu masyarakat bahasa tersebut.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-03

Hasil Foto Lebih Seru dengan Fotofunia

Kegiatan berfoto ria sudah menjadi bagian dalam aktivitas kita. Dengan foto, seluruh aktivitas atau kegiatan, mulai yang senang sampai yang sedih, dapat didokumentasikan. Dari kegiatan sehari-hari hingga acara pesta rasanya tidak lengkap jika tanpa diabadikan dengan ritual foto-foto.

Dengan berbagai gaya, Anda dan teman-teman serta keluarga berpose untuk mendapatkan gaya yang unik dan lucu. Foto tersebut nantinya akan diabadikan sebagai kenang-kenangan yang tidak bisa dilupakan.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-04

Kualitas foto yang dihasilkan bergantung pada kamera yang digunakan untuk menangkap gambar. Pilihan kamera yang beredar di pasaran sudah sangat banyak. Mulai dari kamera digital (kamera pocket), hingga kamera SLR yang bentuknya cukup besar dan biasa digunakan oleh para photografer profesional.

Kamera yang memiliki harga selangit dengan teknologi canggih yang ditawarkan akan menghasilkan gambar atau foto yang baik pula. Meskipun begitu, hasil jepretan dari kamera supercanggih pun masih perlu mendapatkan sentuhan alias edit foto.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-05

Dalam keadaan seperti ini, mengedit foto bukan lagi menjadi kewajiban untuk menutupi kekurangan pada foto, tapi sudah menjadi kebutuhan. Rasanya ada yang kurang jika mencetak foto tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Begitulah kira-kira.

Sayangnya, tidak semua penggila fotografi dikaruniai bakat luar biasa dalam menyulap foto melalui editan menjadi bagus. Tata cara mengedit foto melalui software edit foto seperti Adobe Photoshop cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Hasilnya, edit foto secara instant pun mulai banyak dilirik.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-06

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari Fotofunia. Mengedit foto melalui situs edit foto instant ini menjadi lebih seru, sangat seru karena kemudahan yang ditawarkannya. Mengedit foto tidak ada yang lebih mudah kecuali dengan Fotofunia.

Fotofunia - Situs Edit Foto Instant

Seiring perkembangan situs edit foto yang sangat pesat, muncul begitu banyak situs edit foto online yang dapat digunakan untuk mempercantik dan menambahkan aksen-aksen yang tidak ada dalam kamera. Salah satu situs edit foto online yang cukup familiar adalah photofunia atau Fotofunia.

Mempercantik, memperindah, retouch, atau apapun istilah untuk mengedit foto merupakan hal yang sudah lazim. Mengedit atau memperindah foto dilakukan untuk menghasilkan kualitas foto yang bernilai artistik. Apalagi zaman sekarang sedang menjamurnya situs pertemanan, seperti facebook, twitter, atau friendster.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-07

Dalam jejaring sosial tersebut, terdapat space atau ruang untuk menyimpan foto pengguna dalam profilnya. Foto dalam jejaring sosial menunjukkan identitas kita. Foto profile menjadi ajang "pamer" kemampuan mempercantik foto. Dengan foto yang terpampang pada halaman depan tersebut, Anda bisa mendapatkan teman lebih banyak.

Semakin lucu dan bagus foto profile Anda, semakin banyak yang ingin menjadi teman Anda. Buktikan saja!

Mengenal Fotofunia

Fotofunia atau photofunia merupakan situs untuk mengedit foto secara online. Situs edit foto online ini akan membawa Anda ke dalam dunia edit-mengedit foto. Keberadaan situs online ini memberikan kemudahan bagi para pengemar foto untuk memperindah, mempercantik, atau menambahkan aksen-aksen pada foto yang hendak diedit.

Untuk menambahkan aksen-aksen menarik, Anda tidak perlu susah payah meng-klik ini meng-klik itu. Semuanya tinggal satu kali klik, dan surprise, foto Anda akan berubah menjadi lebih lucu hanya dalam hitungan menit.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-09

Situs edit online Fotofunia termasuk situs foto online yang instan. Dengan edit melalui situ ini, foto atau gambar hasil jepretan kamera akan menjadi lebih menarik, indah, bahkan memiliki karya seni tinggi walaupun secara instan. Mengedit atau me-retouch foto dengan mengakses situs edit foto ini tidak membutuhkan waktu lama, tinggal mengikuti petunjuk yang disediakan oleh situs penyedia edit foto online ini.

Situs edit foto online edit foto ini menyediakan berbagai pilihan gambar, efek-efek, aksen, dan template yang bisa dipilih dan digunakan untuk membuat foto semakin menarik. Cara kerjanya pun gampang. Bagi Anda yang ingin mencoba mengedit foto secara instan di situs edit foto, tinggal masuk saja ke situs Fotofunia.

ID_PhotoFunia_by_FrankenBerries

Setelah masuk, ikutilah langkah-langkah yang dijelaskan dalam situs tersebut. Jika mengalami kesulitan dalam hal bahasa, Anda dapat mengubah bahasanya menjadi bahasa yang dapat dimengerti, dalam hal ini bahasa Indonesia.

Situs edit foto online ini dirilis pada 2007, tepatnya 11 Agustus. Sampai tulisan ini dibuat, edit foto online Fotofunia menyajikan lebih dari 100 efek yang siap mempercantik tampilan foto Anda. Sebenarnya, efek-efek yang disajikan dapat diaplikasikan pada foto Anda.

foto-funia-cara-mempercantik-foto-09

Efek-efek yang ditawarkan dalam situs ini mayoritas efek yang memiliki tema lelucon atau berbau kelucuan. Misalnya, wajah Anda yang ada dalam foto yang akan diedit dapat ditempelkan pada efek yang lucu, seperti efek Santa Claus, pebasket profesional, bahkan pengantin yang lengkap dengan pakaian pengantinnya.

Garis besar keunggulan dari situs edit foto online ini adalah, Anda akan mendapati wajah pada berbagai keadaan. Anda bisa memilih sesuai pilihan efek yang ada pada situs. Anda ingin menjadi superstar dengan gambar wajah yang menempel pada baligo besar seperti bintang iklan, atau ingin wajah Anda menempel pada gelas keramik yang lucu. Semua itu bisa Anda lakukan.

Tutorial Singkat Edit Foto dengan Fotofunia

Jadi, bagaimana cara untuk mengedit foto dengan Fotofunia? Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini tutorial singkat.

Langkah pertama adalah membuka situs Fotofunia. Setelah situs terbuka, akan muncul banyak efek yang dapat Anda pilih dan gunakan dalam foto yang akan diedit. Setelah memilih efek yang diinginkan, klik efek tersebut. Setelah mengeklik efek yang diinginkan, akan muncul perintah selanjutnya, yaitu meng-upload foto yang akan Anda edit.

Setelah proses upload foto yang akan diedit selesai, akan muncul pilihan go. Klik go, tunggu beberapa saat karena Fotofunia sedang memberikan efek pada foto yang akan diedit. Jika sudah selesai simpanlah hasil yang telah diedit tersebut pada komputer Anda.

Bagaimana? Sungguh sederhana bukan mengedit foto melalui Fotofunia? Faktanya memang demikian. Di zaman yang serba instan dan modern ini semua terasa mudah, singkat dan praktis. Foto Anda yang cenderung biasa bisa berubah menjadi unik hanya dengan sekali klik.

Selamat mencoba!
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Antara Fotofunia dan Photofunia