Mengenai info jadwal kereta api memang dapat Anda dapatkan di stasiun-stasiun kereta api. Akan tetapi, bukankah merepotkan jika harus jauh-jauh datang ke stasiun hanya untuk melihat jadwal kereta api, padahal belum tentu Anda langsung berangkat waktu itu juga. Sekarang, ada cara mudah melihat jadwal kereta api, yaitu melalui situs PT Kereta Api.

jadwal-kereta-api

Satu-satunya sumber terpercaya untuk jadwal keberangkatan kereta api adalah situs milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sendiri. Satu-satunya operator perkereta apian terbesar di Indonesia, PT KA tentu memiliki situs yang menyediakan jadwal lengkap keberangkatan kereta api beserta jurusannya.

Lewat Situs resmi PT Kereta Api sendiri dapat diakses melalui alamat http://www.kereta-api.co.id/. Setelah laman muka situs muncul, lihat kotak Jadwal KA yang terletak di sisi kanan laman. Anda tinggal memilih tanggal perjalanan kemudian memilih stasiun asal dan stasiun tujuan. Setelah itu, klik tombol TAMPILKAN.

Anda akan disajikan tabel keberangkatan, kereta api, dan tarif kereta yang bersangkutan. Kereta yang ditampilkan dikodei dengan beberapa kelas. Misalnya, EXA atau EKSA untuk kereta eksekutif, BIS untuk kereta kelas bisnis, dan EKO untuk kereta kelas ekonomi. Selain itu, ada kode khusus, seperti BALI, TORA, dan NUS untuk kereta khusus wisata.

Yang perlu diperhatikan mengenai jadwal kereta api adalah kemungkinan keterlambatan pemberangkatan kereta itu sendiri. Oleh karena itu, hitunglah baik-baik durasi perjalanan yang Anda butuhkan serta sesuaikan jadwal keberangkatan yang paling nyaman dan cocok bagi Anda. Hal ini harus diperhatikan terutama bagi Anda yang memiliki jadwal padat. Jangan sampai hanya karena Anda memilih jadwal pemberangkatan yang pas-pasan, Anda kerepotan atau mendapat masalah belakangan.

Sebagai contoh ilustrasi oleh zona terbaru, Anda memiliki jadwal yang padat sehingga memilih jadwal keberangkatan yang perkiraan tibanya pas-pasan dengan jadwal Anda selanjutnya di tempat tujuan. Tiba-tiba, karena suatu hal, kereta yang akan Anda tumpangi mengalami keterlambatan atau di tengah jalan kereta tersebut harus berhenti lama sekali sehingga membuang waktu Anda yang berharga itu. Akhirnya, Anda terlambat tiba di kota tujuan dan seluruh jadwal Anda selanjutnya kacau. Bukankah peristiwa seperti itu merugikan?

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa jadwal kereta api tersebut bisa saja berubah tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Sarannya, lihatlah jadwal kereta api tersebut, setidaknya satu hari sebelum keberangkatan. Jangan andalkan informasi jadwal kereta api yang telah Anda lihat beberapa minggu yang telah lalu karena bisa saja terjadi perubahan jadwal. Hal terbaiknya adalah melihat jadwal kereta api pada hari keberangkatan.
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Dapatkan Info Jadwal Kereta Api Lengkap Lewat Internet